Nov 24, 2009

optimalisasi koneksi internet

ada beberapa cara untuk mengoptimalisasikan koneksi internet kita, dan meskipun sudah banyak orang yang menganjurkan untuk menggunakan beberapa aplikasi yang tersedia di web, saya lebih menganjurkan teman - teman untuk melakukannya dengan cara manual. beberapa cara itu diantara lain adalah :

1. disable aplikasi yang memerlukan update (auto update)
2. uninstal program atau aplikasi yang memang tidak diperlukan
3. konfigurasi sistem pada windows
4. browsing menggunakan firefox/iexplore



untuk point 1 :
beberapa program atau aplikasi seperti antivirus biasanya melakukan update secara berkala, namun pada saat yang tidak kita ketahui. dikhawatirkan akan mengganggu aktivitas kita dalam berinternet.
saran: matikan autoupdate pada program tersebut, dan lakukan update manual.

untuk point 2 :
beberapa program dapat mengganggu kelancaran internet kita, dan beberapa diantaranya ada yang memang memerlukan koneksi secara kontinu, misalnya yahoo widget atau memory optimalization pada tune up utilities. untuk yahoo widget selain memerlukan koneksi berlanjut, pada start up windows juga akan membuat delay karena harus membuka program tersebut, sedangkan untuk aplikasi lain akan memberatkan kerja windows pada taskbar.
saran: remove/uninstal program yang tidak perlu, disable-kan konten pada program yang mengganggu kinerja windows, masuk ke msconfig (run) dan hilangkan tanda centang pada program yang tertera di tab startup.

untuk point 3 :
windows sendiri juga mengambil jatah koneksi internet kita untuk keperluan update, caranya bisa melalui auto update pada windows itu sendiri
saran: matikan autoupdate pada windows di control panel (security center), masuk ke group policy (ketik gpedit.msc pada run) buka : Computer Configuration > Administrative Templates > Network > Qos Packet Scheduler > Limit Resevable Bandwidth doble klik > atur settingnya ke enable dan isi bandwidth limit dengan 0 % klik Ok.

untuk point 4 :
untuk keperluan browsing, gunakan browser yang sudah banyak digunakan oleh users, saya menyarankan untuk menggunakan firefox atau internet explore.

nah kira - kira itu beberapa saran dari saya untuk optimalisasi koneksi internet dan browsing, beberapa diantaranya memang saya ketatahui dari saran pakar, namun disini saya mencoba untuk lebih menyederhanakan bahasanya. apa bila diantara saudara sekalian memiliki pertanyaan, dapat langsung komen ke postingan ini, atau hubungi saya melalui ym atau facebook. GL!

No comments:

Post a Comment

International Joint Field Study Tour 2010

International Joint Field Study Tour 2010
Utsunomiya University