Sep 8, 2009

Hubungan Antara Bandwith dan Latency/Ping

Selama ini masalah utama bagi saya untuk bermain game online adalah masalah ping/latency, lalu saya mencari beberapa jasa internet dan mencoba untuk membandingkannya. tapi kendalanya adalah saya justru jadi bingung, karena banyak yang menawarkan berbagai tipe koneksi dengan harga yang beragam, hingga akhirnya saya menemukan tulisan dari situs tanya jawab yang mengulas tentang hubungan bandwith dengan ping/latency. kira - kira begini ulasannya :

http://www.indonesiangamer.com/forum/showthread.php?t=392


Originally Posted by reshine View Post

  • Battle Field 2, butuh bandwidth yang jauh di atas DOTA dan di atas CS, DOTA/Warcraft itu di BattleNet/PVPGN cuman butuh bandwidth maksimal 14,4 kbps sementara CS itu kisaran 50kbps. ini bandwidth download dan upload. sementara BF2 terkadang bisa mencapai 100kbps dan ini bandwidth download dan upload.
  • Nah sekarang koneksi yang dipake itu FASTNET yang termasuk category cable provider : Pertama koneksi yang dipake itu UP TO 512 kbps. disini pengertiannya UP TO = SAMPAI DENGAN. berarti koneksi yang dikasih provider itu antara0 sampai dengan 512 kbps. Jadi bisa aja cuman dapet 200kbps ataupun cuman 50kbps dll. itu baru dari sisi download, nah buat bandwidth upload FASTNET setahu aku sampe sekarang gk pernah jelas kasih tahu dia kasih bandwidth upload itu UP TO berapa. yang jelas dari pengalaman beberapa temen katanya susah upload kalo pake fastnet
  • Kedua. teknologi yang dia pake itu cable. dimana dia ada pembagian bandwidth per wilayah. misal : Wilayah A dikasih jatah bandwidth XX Mbps, yang diprediksikan buat XXX user .. disini tidak ada penjumlahan pasti seperti misalkan : jatah b/w 10Mbps berarti untuk 20 pengguna 512 ( 512kbps x 20 = 10mbps ), yang ada itu malahan bisa jadi 10Mbps itu diproyeksikan untuk 100 pengguna misalkan ( ini asumsi saja, karna rata2 ISP yang kasih UP TO itu sebenernya menjanjikan layanan yg minimalnya sama dengan dial up 56kbps ). nah kalo di wilayah itu baru ada pengguna sekitar 20-30 orang b/w per user bakal besar (mendekati maksimum) tapi lain halnya kalo pengguna dah full. bandwidthnya itu akan dihitung dari jumlah bandwidth maksimum dibagi pelanggan yang saat itu online (tentu ada perhitungan yg beda antara yg ambil 384, 512, 768). ini yang menyebabkan bisa saja di satu wilayah speednya bagus, di wilayah lain justru lambat.
  • ketiga. masalah PING atau latency... bedakan antara bandwidth dengan ping/latency. bandwidth itu jumlah data yang bisa dikirimkan pada satu saat yg sama (makanya hitungannya pake PS - per second -), sementara latency/ping itu waktu yang diperlukan agar data tersebut sampai ke tujuan. Kalau diibaratkan dengan di jalan yang penuh mobil, Bandwidth itu lebar jalannya yang pas satu saat bisa muat beberapa mobil/jalur mobil. sementara ping/latency itu kecepatan mobilnya buat dari satu tempat ke tempat lain. nah kalau jalan lebar tapi jalur penuh berarti kecepatan turun kan, begitu pula dengan koneksi. kalo bandwidth gede tapi data yg lagi kirim banyak yah latency bakal gede. selain itu faktor jarak juga pengaruh di perhitungan latency/ping ... kalo dia lewatin beberapa server ( istilahnya hop ) yah bakal lebih lama.
  • nah buat main game seperti BF2 yang lancar itu dibutuhkan : Bandwidth besar yang stabil dengan latency/ping yang kecil. dan dengan kondisi teknis FASTNET ( Speedy juga kurang lebih sama malah lebih parah karena b/w upload cuman 64kbps shared ) kalo di wilayah kamu padat atau lagi banyak yang online sangat wajar kalo ada gangguan koneksi.
  • Alternatif yang bisa diambil kalo emang bener-bener gamers dan mo enak main game online indonesia :
  1. Ganti ke provider yang kasih share ratio yang jelas. ambil aja yang koneksi IIX-nya sesudah di bagi ke share ratio masih deket 100kbps.. misal 512 1:4/1:5 atau 1mbps 1:8/1:10 ... ini juga bandwidth upload dan download harus seimbang 1:1 ( jadi download dapet 100 yah upload juga 100 ).. sementara buat International linknya, minta aja speed 64kbps shared... sekarang ini rata-rata 1mbps IIX 1:1 itu sekitar 2 juta / bulan kalo gk salah dan beberapa provider biasanya kasih link internasional 64kbps shared... perhatikan juga latency/ping ( tar dibawah gue tulis cara ceknya yg mudah ).
  2. Bareng ama temen kamu atau tetangga yang emang suka game juga dan butuh koneksi IIX/lokal indonesia gede buat ambil 1 koneksi misalkan IIX 1mbps 1:1 dari salah satu provider yg ada.. biasanya kalo wireless ada biaya setup awal yah tinggal bagi rata aja.. misalkan ambil 1 mbps 1:1 nah itu yang bareng yah 8-10 orang juga gpp.. paling tar biaya perbulan 200-300 ribu... asal tar ada yg bisa bikin jaringan buat bagi2nya...
  3. Pasrah aja ama koneksi yang sekarang dan main di game center heuheuehuehu...

Cara cek speed/bandwidth :
paling cepet dan akurat.. masuk ke : http://www.speedtest.net pilih tes ke server Jakarta tar ketahuan bandwidth download dan upload berapa..

Cara cek latency/ping :
Klik Start - Run ketik CMD trus teken OK
di command prompt ketik : ping gilagame.com trus ENTER
liat hasilnya.. kalo di bawah 50 bersyukur deh.. bisa main enak kok asal bandwidth cukup.. kalo di atas itu perlu hati-hati ^_^
kalo misalkan ping besar bisa di cek di server/hop mana yg bikin ping gede..
kembali jalankan command prompt.. trus ketik : tracert gilagame.com

1 comment:

International Joint Field Study Tour 2010

International Joint Field Study Tour 2010
Utsunomiya University