Jul 4, 2009

Koneksi Internet Lewat Putty

buat teman - teman yang selama ini mangalami kesusahan pada koneksi internet (baik wi-fi maupun LAN), saya akan mencoba membahas tentang bagaimana mengatasi hal tersebut lewat program yang sudah banyak di bahas orang selama ini yaitu putty.

isu ini akan bermanfaat bagi anda yang mengalami masalah dengan otentifikasi oleh server atau admin dimana anda berselancar (internet). terkadang admin tidak mengijinkan kita terhubung dengan situs - situs dewasa dan lain sebagainya, atau admin menggunakan filter dan lain sebagainya, pada dasarnya cara ini tidak akan merusak sistem komputer anda atau koneksi internetnya, kita hanya akan menumpang sinyal (koneksi internet) dan terhubung dengan server luar yang menyediakan koneksi sendiri sehingga jenis filternya akan berubah (kemungkinan dan kebanyakan tidak ada filter apa - apa), memang susah untuk menjelaskannya karena terlalu panjang dan ribet (saya sendiri masih dalam tahap pembelajaran).


lebih lanjut mengenai cara penggunaan putty akan saya jelaskan disni..
1. hal pertama yang perlu anda lakukan adalah dengan memiliki putty itu sendiri bisa di download disini http://www.chiark.greenend.org.uk/~sgtatham/putty/download.html
2. cari link untuk putty.exe lalu download.
3. jika anda sudah memiliki putty pindahkan putty tersebut ke direktori system32 komputer anda (contoh C:\WINDOWS\system32)

selesai, untuk penjelasan penempatan putty, lebih lanjut :
1. jalankan run (start>run, atau shortcutnya pada keyboard "Start+R")
2. ketik : cmd
3. jika sudah masuk ke comand prompt (cmd), ketikan kode berikut
putty -C -N -D 9999 demofat@demo.fatjackhosting.com
4. nanti akan keluar kotak hitam kosong, dan anda akan dimintai password, password : fatjack

penjelasan poin 3 di atas, kode di atas merupakan shortcut dari program putty, jika anda ingin lebih paham mengenai putty bisa dicari di google tentang program putty, lebih lanjut tentang kode di atas, angka 9999 merupakan port yang bisa anda ubah - ubah tergantung jaringannya, angka port mulai dari 1-9999, lalu kode "demofat@demo.fatjackhosting.com" merupakan akun gratis dari server luar yang menyediakan koneksi seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya. ada kemungkinan akun tersebut sudah tidak berlaku alias expire, tapi tenang saja sebenarnya masih banyak akun gratis yang disediakan di internet, namun anda akan disibukan sedikit dengan mencoba satu per satu akunnya (sampai saat ini saya masih bisa pakai akun tersebut).

lanjut!
ketika anda sudah menjalankan program putty anda sudah terhubung dengan server luar lewat koneksi internet yang anda pakai dan tanpa filter alias semuanya boleh!, sekarang anda tinggal melakukan sedikit perubahan pada proxy browser anda, saya ambil contoh mozilla firefox :
1. masuk pada mozilla firefox anda!
2. masuk tab alat (tools)
3. buka tab setting (preference/option)
4. masuk pada tab advance
5. lalu masuk pada tab network (jaringan)
6. klik tombol setting pada koneksinya (connection setting)
7. pakai konfigurasi secara manual
8. kosongkan semua proxy pada http, ftp, proxy gropher, dll, beserta portnya
9. ketik localhost pada "host socks"
10. masukkan portnya sesuai dengan kode di program putty tadi (ex. 9999)
11. selesai dan terapkan (apply) settingan tersebut

selesai sudah dan anda akan terhubung ke manapun anda mau...

dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi


jika anda merasa bahasa saya menyusahkan, saya mohon maaf, apabila ada info yang kurang jelas saya sarankan anda mencari di google, ada banyak yang membahas tentang topik ini, saya hanya mencoba untuk mempermudah jalannya.

postingan ini saya dedikasikan untuk teman - teman saya yang merasa dirugikan oleh koneksi internet kampus IPB!, hidup mahasiswa!

2 comments:

  1. mau tanya mas,
    koneksi putty ini bisa disharing gak ?
    gimana caranya ya ?

    ReplyDelete
  2. astaga, saya lupa update blog saya. ROFL
    gini, putty ini sebenarnya cuma tunneling (masih awam juga sampai skg dgn istilah ini) numpang konek inet ke server asing dari host kita asli.
    blm pernah nyoba juga kalau dishare.

    mohon maaf #latereply kalau ada info terbaru pasti saya update

    ReplyDelete

International Joint Field Study Tour 2010

International Joint Field Study Tour 2010
Utsunomiya University